Tumpeng Merdeka 17 Agustus Lengkap dengan Ingkung dan Vas Bunga

Tumpeng Merdeka - Sebagai hidangan yang disajikan dan untuk pesta bersama setelah acara tirakatan/do'a bersama dalam rangka malam tasyak... thumbnail 1 summary
Tumpeng Merdeka- Sebagai hidangan yang disajikan dan untuk pesta bersama setelah acara tirakatan/do'a bersama dalam rangka malam tasyakuran memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-70, siang ini, Minggu 16 Agustus 2015 Ibu-Ibu PKK Desa Gandusari, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen tengah sibuk membuat tumpeng merdeka, yang mana tumpeng ini lengkap dengan ingkung dan vas bunga yang begitu indah.

Para Ibu PKK membuat 4 buah tumpeng dan ingkungnya. Menurut pembuat tumpeng merdeka yakni Ibu Fatimah, Ibu Rokhyati, dan Ibu-Ibu PKK lainnya, 1 tumpeng merdeka akan dikirim/disajikan untuk acara tasyakuran di Kantor Kecamatan Kuwarasan, sedangkan  yang 3 tumpeng/ingkung merdeka akan disajikan untuk acara tasyakuran di Balai Desa Gandusari.

Sebenarnya antara tumpeng merdeka dan tumpeng pada umumnya itu sama, hanya saja pada pembuatan tumpeng merdeka biasanya hiasannya lebih unik dan menarik seperti adanya bendera yang diletakkan berkibar di atas ingkung ( ayam matang ) dan berbagai jenis hiasan yang semuanya terbuat dari buah atau bumbu masakan.

Bendera merah putih yang ada di tumpeng merdeka terbuat dari lombok/cabe merah dan sawi. Lihat penampakkannya :

Tumpeng Merdeka 17 Agustus
Tumpeng Merdeka 17 Agustus

Ingkung merdeka disajikan dengan sajian yang unik. Di mana ingkung ayam yang sudah matang itu masih berdiri tegak seakan ayam yang dijadikan ingkung tersebut masih hidup. Untuk lebih jelasnya silakan lihat fotonya :

1. Ingkung tumpeng merdeka tampak dari depan


Tumpeng Merdeka Lengkap dengan Ingkung dan Vas Bunga
Ingkung Tumpeng Merdeka, 17 Agustus 2015

Ingkung tumpeng merdeka seperti di atas nampak sangat indah. Ayam yang sudah matang terlihat masih hidup dengan adanya hiasan di kepala dan di sekitar tubuhnya. Hiasan di kepala berupa cabe merah yang dibentuk seperti bunga. Di kelilingnya dihiasi dengan berbagai bumbu dan buah serta lauk pauk. Terlihat ada telur, tempe, cabe hijau, wortel, tahu, dan sebagainya.

2. Ingkung tumpeng merdeka tampak dari belakang

Tumpeng Merdeka Lengkap dengan Ingkung dan Vas Bunga

3. Vas bunga terbuat dari waluh/labu

Tumpeng Merdeka Lengkap dengan Ingkung dan Vas Bunga


Demikian tentang Tumpeng Merdeka 17 Agustus Lengkap dengan Ingkung dan Vas Bunga. Merdeka


No comments

Post a Comment